'Benarkah Bulan yang Keenam Dalam Luk. 1:26 Adalah Bulan Elul?'



Aliran advent meyakini bahwa 'bulan yang keenam' yang dimaksud adalah nama bulan Yahudi yakni Elul. Salah satu tujuan pengajaran mereka ini adalah untuk menolak perayaan Natal pada 25 Desember. Namun, pengajaran mereka ini sangatlah sia-sia sebab sangat keliru.

Berikut kutipan ayatnya 'Beberapa lama kemudian Elisabet, isterinya, mengandung dan selama lima bulan ia tidak menampakkan diri, katanya: "Inilah suatu perbuatan Tuhan bagiku, dan sekarang Ia berkenan menghapuskan aibku di depan orang."

Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret, (Luk 1:24-26).' Perlu diketahui bahwa pada mulanya kitab suci tidak ada penomoran/ayat. Barulah ada penomoran/ayat sekitar abad pertengahan.

Maka yang dimaksud adalah masa kehamilan Elizabeth masuk bulan keenam, ketika Allah mengutus malaikat Gabriel. Tentu saja hal ini tidak mengacu kepada "bulan keenam kalender Ibrani atau "elul"" yang biasa jatuh sekitar agustus-september kalender Gregorian.

Maka benar lah ajaran St. Yohanes Krisostomus (347-407), yang mengatakan bahwa Malaikat Gabriel datang kepada Maria pada bulan Nisan (25 Maret bulan Masehi), yang kita peringati sebagai hari raya kabar sukacita.

Selain itu, pembuktian lainnya bahwa dalam terjemahan Yunani tidak disebutkan Bulan Elul atau nama bulan enam Yahudi dalam Luk 1:26 , Ἐν δὲ τῷ μηνὶ τῷ ἕκτῳ ἀπεστάλη ὁ ἄγγελος Γαβριὴλ ἀπὸ τοῦ Θεοῦ εἰς πόλιν τῆς Γαλιλαίας ᾗ ὄνομα Ναζαρὲθ,....Kata 'μηνὶ τῷ ἕκτῳ' jelas tidak menyebut nama bulan Yahudi. Dengan demikian sangat jelas yang dimaksud adalah enam bulan masa kehamilan Elizabeth (Luk. 1:36), pada waktu itulah Allah mengutus malaikat Gabriel kepada Bunda Maria.

Semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon