Gereja, Apakah itu?





Saya seorang Kristen Katolik. Seorang Kristen Protestan mengatakan kepada saya bahwa orang-orang Gereja (g=menunjuk pada bangunan, sementara G=menunjuk pada Umat)tidak cukup membantu untuk menjelaskan apa arti Gereja. Bisakah kamu membantuku? Apa itu Gereja?
Menjawab:
Anda benar sejauh pemikiran anda.
Konsili Vatikan II, dalam Dokumen Lumen Gentium , menyatakan Gereja adalah umat Allah. Protestan melihat paham ini sebagai cukup banyak dan rumit .
Mereka memahami gereja sebagai nama untuk tubuh struktur-kurang dari orang-orang yang mengikuti Kristus dan percaya keilahian-Nya sebagai Pribadi kedua dari Tritunggal Kudus, menunjukkan ungkapan Alkitab sendiri.
Sementara Gereja Katolik, memahami Gereja dalam konteks struktur hirarki, dengan kewenangan yang pasti diberikan kepadanya oleh Yesus melalui pribadi Petrus dan penerusnya. Kita melihat dalam Alkitab banyak bukti bahwa Yesus memberikan perhatian pribadi kepada para rasul, mempersiapkan mereka untuk memimpin setelah Dia tidak lagi bersama mereka. "Siapapun yang mendengarkan kamu mendengarkan Aku; siapa saja yang menolak kamu menolak Aku, dan mereka yang menolak Aku, menolak Dia yang mengutus Aku "(Luk 10:16).
Tidak ada alasan bagi Yesus untuk mempersiapkan Para Rasul hanya untuk seumur hidup mereka, tanpa penerusnya. Bapa Gereja awal menjelaskan ini. Gereja Perdana tidak memiliki pemahaman sebagaimana Protestan mulai dari paham Sakramen, Struktur tubuh yang tidak memiliki hirarki dan lain sebagainya.
Gereja Perdana mempunyai hirarki terstruktur dan sakramental. Kanon Perjanjian Baru, yang juga Protestan pakai untuk mendasarkan iman mereka, adalah produk dari Gereja Katolik . (Lihat "Masalah dengan Primitivisme," Batu ini , November-Desember 2010.)

Sumber:
hsttps://www.catholic.com/qa/i-am-catholic-a-protestant-told-me-that-the-people-are-the-church-but-im-pretty-sure-that-is-not#at_pco=smlrebh-1.0&at_si=58c860f3b319ce4b&at_ab=per-2&at_pos=0&at_tot=3
Diterjemahkan oleh Silvester Detianus Gea


EmoticonEmoticon