Pastor itu Pendeta atau Pendeta itu Pastor?

Pastor itu Pendeta atau Pendeta itu Pastor?

cahayakristus7.blogspot.com- Jakarta - Saya terbangun dan melihat inbox. Ada salah seorang sahabat bertanya soal tulisan dari Seword yang kontroversial atau tidak bisa diterima secara kebiasaan di Indonesia. Ya membutuhkan wawasan yang lebih untuk seorang penulis. Hal ini terutama saya sampaikan kepada penulis Seword.

Benarkah Pastor pemimpin agama Katolik dan pendeta pemimpin agama Protestan? Dalam konteks Indonesia saya berani mengatakan Ya, benar.

Tulisan dari Seword mengatakan bahwa kata Pastor ada sejak jaman Hindu/Budha. Sama sekali tidak tepat. Istilah pastor tidak ada dijaman agama Hindu/Budha. Yang ada istilah pendeta/pandita. Sedangkan kata pastor berasal dari bahasa Inggris yang artinya gembala.

Sederhana, di Indonesia biasanya diasumsikan bahwa kata pastor dipakai untuk pemuka agama Katolik, sementara pendeta untuk pemuka agama protestan. Hal ini sudah menjadi kebiasaan, sehingga akan aneh bagi banyak orang jika ada pendeta dipanggil pastor atau pastor dipanggil pendeta.

Berbeda dengan negara lain, misalnya Malaysia menggunakan kata pastor untuk pemuka agama Protestan, sedangkan Paderi untuk pemuka agama Katolik. Malahan dalam konteks Malaysia tidak ada yang aneh jika pendeta (Konteks Indonesia) dipanggil pastor (konteks Malaysia).

Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskan bahwa kata pendeta pada mulanya berasal dari agama Hindu yang kemudian dipakai untuk pemuka agama Protestan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pemakaian kata Pastor dalam Kristen Protestan terutama di Indonesia adalah sebuah kemajuan kembali kepada makna awal.

So, karna kita tinggal di Indonesia maka harus mengikuti kaidah penamaan pemimpin umat tiap agama, agar masyarakat tidak bingung. Pastor untuk pemimpin agama Katolik dan pendeta untuk pemimpin agama Protestan.



EmoticonEmoticon