Maria dalam Kitab Suci

OpenClipart-Vectors / Pixabay
Nama Maria tentu tidak asing bagi umat beriman. Nama itu telah mendunia dan populer sehingga dipakai oleh sebagian orang. Demikian pula nama Maria pada zaman Yesus bukanlah nama yang langka melainkan nama yang mendunia dan populer. Oleh sebab itu orang yang bernama Maria tidak hanya ibu Yesus. Ada pula orang-orang  yang memakai nama yang sama, bahkan kerabat terdekat Yesus. Setidaknya Kitab Suci menulis sekitar lima orang yang memakai nama Maria:
Pertama, Maria ibu Yesus. Maria ibu Yesus dikisahkan dalam beberapa perikop Kitab Suci (bdk. Mat. 1:18-23, Luk. 1:26-56, 34-35, Yoh. 19:25-27, Kis. 1:14). Setiap kisah yang menyangkut Maria, ibu Yesus selalu ada penekanan atau keterangan yang menunjukkan bahwa Maria yang dimaksud adalah ibu Yesus. Biasanya memakai kata ‘ibu-Nya atau Maria, ibu Yesus’. Hal tersebut menunjukkan pula bahwa Maria yang disebut dalam Kitab Suci bukan hanya satu atau dua orang. Oleh sebab itu, pengetahuan tentang nama Maria dalam Kitab Suci mempengaruhi pula pemahaman dan penafsiran akan Kitab Suci.
Kedua, Maria ibu Yakobus, Yoses, Simon, dan Yudas. Maria ibu Yakobus, Yoses, Simon dan Yudas disebutkan dalam Injil Yohanes.  “Dan dekat salib Yesus berdiri ibu-Nya dan saudara ibu-Nya, Maria, isteri Klopas dan Maria Magdalena. Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: “Ibu, inilah, anakmu!” Kemudian kata-Nya kepada murid-murid-Nya: “Inilah ibumu!” Dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya.(Yohanes 19:25-27).
Jika diperhatikan secara seksama, maka kita menemukan dua nama yaitu ibu-Nya (Maria ibu Yesus) dan Maria, isteri KlopasSeperti saya sebutkan pada point pertama, pengatahuan tentang nama Maria dalam Kitab Suci mempengaruhi pemahaman dan tafsir. Iman Katolik meyakini bahwa Maria ibu Yesus tidak mempunyai anak selain Yesus. Oleh sebab itu Yakobus, Yoses/Yusuf, Simon dan Yudas Tadeus yang seringkali disebut sebagai saudara Yesus adalah saudara sepupu, anak dari Maria, isteri Klopas. Selanjutnya penulis Kitab Suci menyebut Yakobus, Yoses, Simon dan Yudas sebagai saudara Yesus. Menurut fragmen Exposition of the Sayings of the Lord karya Papias dari Hierapolis (sekitar 70-163), Kleopas dan Alfeus adalah orang yang sama. Oleh sebab itu, Maria isteri Kleopas atau Alfeus adalah ibu dari Yakobus ‘saudara’ Yesus, Simon, Yoses/Yusuf dan Yudas Tadeus.
Ketiga, Maria saudara Lazarus dan Marta. Maria saudara Lazarus dan Marta tinggal di Betania (bdk. Yoh.11:1-45, 12:1-8).
Keempat, Maria Magdalena. Mari yang berasal dari Magdala, seorang perempuan Yahudi yang menjadi murid Yesus. Maria Magdalena disebut dalam beberapa perikop Kitab Suci (bdk. Yoh. 20:1-18, Mat. 28:1-10, Mrk. 16:1-8).
Kelima, Miryam/Maryam saudara Musa dan Harun. Kisah tentang Miryam/Maryam dicatat dalam beberapa perikop Kitab Suci (bdk. Kel. 2:1-10, Bil. 20:1-2). Miryam/Maryam saudara Musa dan Harun bukanlah Maria ibu Yesus. Maria ibu Yesus baru ada sekitar 1.400 tahun setelah Miryam/Maryam.  Miryam/Maryam sendiri lahir dari keturunan Suku Benyamin sedangkan Maria ibu Yesus lahir dari keturunan Yehuda. Oleh sebab itu tidak mungkin Miryam/Maryam saudara Musa dan Harun adalah ibu dari Yesus. *


EmoticonEmoticon