Menggugat Ajaran Saksi Yehuwa, Siapakah Yesus Kristu?


1. Siapakah Yesus Kristus?


MENJAWAB BUKU SAKSI YEHUWA YANG BERJUDUL

“APA YANG SEBENARNYA ALKITAB AJARKAN” HAL. 37-46.


Yesus Sang Firman




Aliran saksi Yehuwa yang didirikan oleh TZ. Russel dari Amerika telah mengerdilkan tafsir Alkitab dengan berpedoman dan berpatokan pada satu ayat saja. Padahal menafsirkan Alkitab perlu penafsiran yang utuh dan tidak hanya comot ayat perayat. Gereja Katolik tidak menyangkal bahwa Yesus adalah Mesias. Namun Mesias yang diimani bukan hanya sekedar utusan yang sama dengan nabi lainnya atau “suatu allah (bdk. Yoh. 1:3” Versi Alkitab hasil plintiran Saksi Yehuwa yang diberi nama “Terjemahan Dunia Baru”.


Siapakah Yesus? Yesus adalah Firman Allah yang menjadi manusia (Yoh. 1;14). Tentu anda tahu bahwa Allah menciptakan segala sesuatu melalui dan di dalam Firman (Kol. 1:16-17). Sudah pasti bahwa Allah tidak pernah menciptakan sesuatu tanpa Firman. Firman Allah sehakekat dengan Allah dan berada dalam diri Allah, sebab tidak mungkin Firman Allah berada di luar diriNya. Ketika Firman Allah itu menjadi manusia, maka secara pribadi ia berbeda dengan Allah. Namun dalam Esensi dan hakekatnya sebagai Firman Allah yang kekal tetap satu dengan Allah (bdk Kej. 1:26, Yoh. 1:1-3). Maka ketika datang kedunia, Ia tampil sebagai manusia dan Ilahi (bdk. Yoh. 13:13, Yoh. 14:8-9).


Dalam kemanusiaanNya atau pribadiNya sebagai Firman yang menjadi manusia disebut utusan (bdk. Yoh. 17:3). Namun utusan yang dimaksud tidak sama dengan para nabi lainnya. Yesus adalah Wahyu Allah yang sempurna dan Puncak seluruh Wahyu ilahi (Why. 1:18-19). Yesus adalah Allah yang Perkasa, Bapa Yang Kekal, Raja Damai, Penasehat Ajaib (Yes. 9:5-6). Yesus tidak pernah menyampaikan ajaran seperti para nabi dengan berkata “Firman Tuhan datang kepadaku (Yer. 1:4)” melainkan Beliau berkata “sesungguhnya Aku berkata kepadamu (bdk. Yoh. 6:47)”. Jikalau Yesus adalah nabi maka jelas perkataanNya sangat tidak masuk akal. Tidak mungkin seorang nabi mengatakan bahwa Dia yang berkata.






2. Yesus bukan Malaikat Michael


Membantah Ajaran Saksi Yehuwa yang mengatakan Yesus itu Malaikat


Anak Allah lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat


Ibrani
1:5 Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: "Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini ?" dan "Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan Ia akan menjadi Anak-Ku? "1:6 Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia.


Yesus tidak sama dengan malaikat apalagi disamakan dengan Michael. Michael adalah salah satu penghulu malaikat. Maka Yesus bukan penghulu Malaikat seperti ajaran Saksi-Saksi Yehuwa.


EmoticonEmoticon