Menjawab Buku Saksi Yehuwa hal. 37-46, Siapakah Yesus Kristus?



1. Yesus tidak diciptakan


Saksi Yehuwa dalam berbagai diskusi, selalu menunjukkan bahwa Amsal 8:22 adalah nubuat tentang penciptaan Yesus. Mereka mengutip Amsal 8:22 untuk menunjukkan bahwa Yesus adalah ciptaan. Tentunya anda tahu bahwa Kitab Amsal termasuk dalam kelompok kitab-kitab hikmat. Maka anda segera menemukan keanehan dari pandangan saksi Yehuwa. Bagaimana mungkin Kitab hikmat yang berisi wejangan, nasehat dan pepatah bisa mengandung nubuat mengenai Yesus? Kitab Amsal bukanlah Kitab nubuat melainkan Kitab Hikmat. Kitab-Kitab Hikmat mengandung banyak Majas. Tentu saja anda pernah belajar di sekolah bahwa Majas itu ada banyak jenisnya.


Salah satu yang ada dalam Amsal 8 adalah Majas Personifikasi. Tentu juga anda tahu apa arti Majas Personifikasi. Majas Personifikasi adalah majas yang menggambar sesuatu yang bukan manusia bertindak layaknya manusia. Dan anda pasti tahu dia bukan manusia benaran karena itu kiasan. Amsal 8:1-36 berjudul “WEJANGAN HIKMAT” dan tidak ada satupun menyebutkan mengenai kisah penciptaan Yesus. Jika judulnya wejangan hikmat maka ayat 1-36 membahas mengenai hikmat. Tentu saja gaya sastra Yahudi sangat kental dengan majas. Ayat 1 justru mengatakan bahwa hikmat berseru-seru dan kepandaian memperdengarkan suaranya—Tentu dari ayat pertama saja anda sudah tahu bahwa itu bahasa kiasan yang dilanjutkan dengan kata “aku” di ayat 6. Anda pastinya tahu bahwa “aku” yang dimaksud adalah hikmat. “Aku” dipakai sebagai kiasan dari Hikmat., tentu saja bukan sosok manusia.


Kemudian anda pun membaca di ayat 12, Aku, hikmat, tinggal bersama-sama dengan kecerdasan…, justru semakin jelas bahwa hikmat bukan sosok manusia melainkan “aku” yang dimaksud adalah hikmat. Kemudian ayat selanjutnya menjelaskan wejangan dan nasehat dan tentu anda akan menemukan lagi kata “aku” yang adalah kiasan dari Hikmat sampai ayat 22. Pada ayat 22 si “Aku” tadi berkata bahwa dia diciptakan oleh TUHAN sebagai permulaan pekerjaan dan perbuatanNya yang pertama dahulu kala. Anda tentu ingat bahwa si “Aku” adalah hikmat dan anda masih ingat bahwa Kitab Amsal berisi wejangan, nasehat dan pepatah bukan nubuat. Kemudian anda membaca sampai ayat ke 36 selalu pakai “aku” yang adalah hikmat dan bukan Yesus.

Menurut Tim sarapanpagi.org Jikalau kata "hikmat" (Ibrani: חָכְמָה - KHOKMAH) dalam Amsal pasal 8 itu dianggap sebagai sosok Yesus Kristus, lalu siapakah sosok "kecerdasan" (Ibrani: עָרְמָה - 'ARMAH) di dalam pasal Amsal 8:12? Apakah para penafsir itu dapat menjawabnya? Maka tentu saja "KHOKMAH" itu bukan Yesus Kristus. Dan, penting sekali kita perhatikan perbedaan antara kata HIKMAT (Ibrani: חָכְמָה - KHOKMAH) dan FIRMAN (Ibrani, דָּבָר - DAVAR). Dua kata ini tentu saja berbeda.


Sering sekali Amsal 8 dihubungkan dengan Yohanes Bab 1, tetapi ini tidaklah benar. Yesus Kristus adalah Sang Firman (Ibrani,DAVAR, Yunani, ο λογος - HO LOGOS). Yohanes Bab 1 bersaksi tentang itu. Tetapi "KHOKMAH" dalam Amsal Bab 8 bukanlah"DAVAR" atau "LOGOS" dalam Yohanes pasal 1. Kata "KHOKMAH" dan "DAVAR" adalah 2 kata yang berbeda. Yesus adalah Firman Allah yang menjadi manusia (bdk. Yoh. 1:14).

Dalam KemanusiaanNya beliau tidak pernah kehilangan keilahianNya. Yesus justru tampil sebagai manusia sempurna dan juga ilahi (Yoh. 13:13, 14:8-9). Yesus yang adalah Firman tidak mungkin diciptakan. Tidak pernah ada masa di mana Tuhan tidak punya Firman lalu kemudian menciptakan Firman. Karena segala yang diciptakan melalui dan dalam Firman.


Tentu jika anda teliti dalam membaca Alkitab maka Amsal 8:22 dicatatan kaki merujuk kepada Wahyu 3:14. Ayat ini juga dipakai oleh saksi Yehuwa untuk dukungan bahwa Yesus adalah ciptaan. Tentu juga anda tahu bahwa Kitab Wahyu bukanlah kitab nubuat melainkan kitab yang penuh dengan kiasan-kiasan dan gambaran-gambaran situasi jemaat pada abad pertama. Kitab Wahyu berisi kenyatan masa lampau, masa sekarang dan masa yang akan datang. Tidak ada satupun isi Kitab wahyu menubuatkan tentang penciptaan Yesus. Ucapan “…, permulaan dari ciptaan Allah…” mempunyai makna bukan ciptaan yang permulaan melainkan “suatu” yang menyebabkan sesuatu tercipta atau sumber dari ciptaan.

1 comments:


EmoticonEmoticon