Tidak Ada Gereja Ortodok Di Pansur Abad Ke 7





Image result for Gereja nestorian
Tidak Ada Gereja Ortodok Di Pansur Abad Ke 7

Masuknya Kristen Nestorian di Indonesia dimulai dari penginjilan para rahib Nestorian di wilayah Arab, Mesopotamia, Persia, India, Tiongkok, Indonesia dan wilayah Asia Timur.

Tentang Nestorian

Nestorian diambil dari nama pelopornya yaitu Nestorius.  Nestorius menolak mengakui Maria sebagai Bunda Allah (Theotokos), sebagaimana sejak semua Gereja telah meyakininya. Nestorius berpandangan bahwa seorang manusia tidak mungkin melahirkan Allah atau Tuhan, maka Maria bukan Bunda Allah.  Pandangan semacam ini sesungguhnya salah kaprah dalam mendefinisikan kata “Bunda Allah (Theotokos)”. Maka pada tahun 341, Gereja Katolik dalam Konsili Efesus mengutuk aliran tersebut. Pengutukan tidak menghentikan langkah aliran ini. Setelah kematian Nestorius, aliran ini diteruskan oleh Eutyches (380-456). Eutyches menambahkan beberapa ajaran dalam alian Nestorian, sehingga ia dikutuk pada Konsili Chalcedon tahun 451.

Salah satu Pastor Nestorian dari Arab adalah Waraqah bin Naufal, adik sepupu Siti Khadijah. Para rahib Nestorian berhasil mengkristenkan Mesopotamia (Irak), di mana menjadi basis agama Zoroaster (agama asli Persia). Pada tahun 781 M, ditemukan monument batu setinggi 2 meter untuk ‘merayakan kedatangan agama termasyur dari Syria” dengan pahatan salib pada bagian bawah monument. Selain itu ada pula laporan dari naskah-naskah kuno tentang Keuskupan di ‘Dabag’, yaitu wilayah Jawa dan Sumatera Selatan.


Pada abad ke-14 Giovanni De Marignolli, menemukan orang-orang Kristen yang berbudaya non Eropa (Arab) di Majapahit dan Sriwijaya. Kristen Nestorian  mengalami kemunduran sejak agama Islam berkembang di wilayah Arab, Mesopotamia, Persia, India, dan Indonesia. Sedangkan kemunduran Nestorian di China akibat penginjilan yang tidak berlanjut dari para rahib dan tekanan dari para ekstrimis Budha yang menutup biara-biara berdasarkan edik Kaisara Mongol pada tahun 1311.

Dengan demikian klaim Gereja Ortodok Indonesia (yang dimuat dalam page https://www.facebook.com/Gerejaorthodox/, bahwa Ortodok telah ada sejak abad ke 7 tidak benar. Tindakan demikian adalah usaha memalsukan sejarah dan menyebarkan informasi Hoax.

Sumber:

1. P. Johannes M. Hämmerle, OFMcap. 2015. Sejarah Gereja Katolik Di Pulau Nias. Gunungsitoli: Yayasan Pusaka Nias.
2. Bernadus Barat Daya dan Silvester Detianus Gea. 2017. Mengenal Tokoh Katolik Indonesia: Dari Pejuang Kemerdekaan, Pahlawan Nasional Hingga Pejabat Negara. Labuan Bajo: Yayasan Komodo Indonesia (YAKOMINDO).
3. Website “Akhir Perjalanan Sejarah Barus
4. Sejarah Gereja Asia oleh DR.Anne Ruck
5. The Moody Handbook Of Theology Serie 2 oleh Paul Enns 



EmoticonEmoticon