Beriman Saja Tidak Cukup


Penentang: Pada Suatu hari saya sedang membaca kitab surat Galatia, dan aku menyadari banyak sekali Rasul Paulus menekankan pentingnya iman sebagai sarana keselamatan.

saya mulai bertanya kepada diri saya sendiri, bagaimana umat Katolik begitu percaya bahwa keselamatan diperoleh dari perbuatan. Jika Gereja Katolik benar-benar percaya Alkitab, bagaimana bisa mengatakan dan mengajarkan bahwa setiap orang mendapatkan keselamatan melalui perbuatan? Alkitab tampaknya cukup jelas mengatakan bahwa pembenaran/keselamatan diperoleh melalui iman.

KATOLIK: Ada yang kurang tepat dari pernyataan di atas. Yang paling penting adalah anda harus menyadari bahwa Gereja Katolik tidak mengajarkan bahwa kita mendapatkan keselamatan dengan usaha kita sendiri, meskipun tidak mengajarkan bahwa kita harus berusaha untuk mendapatkan keselamatan. Rasul yang sama yang menulis surat Galatia juga menulis Filipi, dimana Rasul Paulus berkata, "tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar" (Flp. 2:12).

Penentang: Ya, tetapi jangan Anda pikir pernyataan demikian harus dipahami dalam konteks ajaran dalam Galatia? Dalam Galatia 2: 15-16, Paulus berkata, "Kamu tahu bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh iman dalam Kristus Yesus, sebab itu kami telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat, Sebab:"tidak ada seorangpun yang dibenarkan" oleh karena melakukan hukum Taurat. "

KATOLIK: Saya tidak melihat dua ayat di atas saling bertentangan satu sama lain atau bahkan kontradiksi. TeTapi pertama-tama saya memberi penjelas ajaran resmi Gereja Katolik: mengajarkan bahwa kita dapat melakukan apa-apa untuk mendapat rahmat yang datang melalui baptisan, yang merupakan awal yang normal dari kehidupan Kristen. Bahkan, Konsili Trente mengutuk siapa pun yang mengajarkan bahwa kita dapat menyelamatkan diri kita sendiri atau yang mengajarkan bahwa Allah membantu kita melakukan apa yang bisa kita lakukan untuk kepentingan diri kita sendiri. Gereja mengajarkan bahwa kita bisa diselamatkan hanya oleh kasih karunia Allah.

Penentang: Nah, jika Gereja Katolik benar-benar mengajarkan keselamatan oleh kasih karunia, yang indah. Tetapi sulit bagi saya untuk percaya, karena umat Katolik menempatkan begitu menekankan pada perbuatan baik. Surat Paulus menekankan berkali-kali bahwa keselamatan datang melalui iman saja. Selain Galatia 2: 15-16, pertimbangkan Roma 4: 2: "...sebab jikalau Abraham dibenarkan karena perbuatannya, maka ia beroleh dasar untuk bermegah, tetapi tidak di hadapan Allah" Kemudian tiga ayat kemudian, di 4: 5, Paulus menempatkan cara lain: " Kalau ada orang yang bekerja, upahnya tidak diperhitungkan sebagai hadiah, tetapi sebagai haknya.

KATOLIK: Kami tidak setuju bahwa hanya iman saja yang dibutuhkan untuk keselamatan. memainkan. sebagaimana Rasul Paul, Gereja Katolik mengajarkan bahwa pembenaran berdasarkan iman. Tetapi perlu diketahui bahwa itu tidak datang melalui iman saja . Jika Anda perhatikan dengan teliti di tulisan-tulisan rasul Paulus, Anda akan melihat bahwa dia tidak pernah mengatakan bahwa kebenaran satu-satunya berasal dari iman saja, terpisah dari perbuatan.

Penentang: Nah, di sana Anda dapat menyaksikan. Itu hampir kutipan langsung dari Roma 3:28: "Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat." Frase ini menjelaskan yang oleh iman terlepas dari hukum Taurat Kedengarannya seperti Paulus mengatakan bahwa pembenaran datang melalui iman saja.

KATOLIK: Roma 3:28 adalah ayat kunci dalam perbedaan antara Protestan tradisional dan Katolik. Anda akan melihat bahwa Paulus mengatakan manusia dibenarkan oleh iman ( pistei dalam bahasa Yunani). Ketika Martin Luther menerjemahkan surat kepada jemaat di Roma ke dalam bahasa Jerman pada abad keenam belas, ia menambahkan kata saja -tapi saja tidak ada dalam teks asli Yunani. Ungkapan "iman" yang terjadi dalam Perjanjian Baru: Di dalam Surat Yakobus 2:24. Yakobus menyangkal bahwa pembenaran satu-satunya adalah iman. Berikut saya kutipkan: " jadi Kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman ."

Penentang: Teks klasik dalam Yakobus 2: 14-26 adalah sesuatu yang sulit. Mari kita kembali ke poin pertama. Saya hanya ingin menunjukkan bahwa Luther benar-benar menerjemahkan kalimat itu sesuai maknanya, Roma 3:28 dengan kata-kata iman saja karena itu adalah cara lain untuk mengatakan bahwa pembenaran adalah "terlepas dari hukum Taurat." Anda lihat, ketika Paulus mengatakan dalam Roma 4: 2 Abraham bisa bermegah jika keselamatannya berasal dari perbuatan, ia menjelaskan apa yang dia katakan di 3:27 ketika ia bertanya, "Jika demikian, apa dasarnya untuk bermegah? Tidak ada! Berdasarkan apa?. Berdasarkan perbuatan? Tidak, melainkan berdasarkan iman. " bermegah di hadapan Allah bila perbuatan yang terlibat dalam keselamatan kita, tetapi tidak ada kesombongan diri mungkin jika itu hanya dengan iman.

KATOLIK: Setuju-bahwa Rasul Paulus secara kategoris tidak memasukkan perbuatan sebagai bagian dari keselamatan kita. Tetapi apa konteks yang Paulus bicarakan? Jika kita percaya seluruh Alkitab, kita perlu melihat bagaimana kata-kata Paulus cocok bersama-sama dengan kata-kata Yakobus , karena Yakobus jelas mengatakan bahwa "manusia dibenarkan oleh perbuatan."Jika Paulus dan Yakobus anda kontradiksikan berarti sama dengan mereka bertentangan satu sama lain. Karena Anda dan saya percaya bahwa Alkitab tidak bertentangan satu sama lain, kita harus setuju bahwa Paulus dan Yakobus berarti mrnyampaikan dua konteks berbeda dengan kata memakai kata perbuatan .

Penentang: Saya setuju, tetapi hal ini sangat sulit ditafsirkan.

KATOLIK: Gereja Katolik percaya bahwa kita harus menafsirkan Kitab Suci dengan menggunakan Kitab Suci. Anda akan perhatikan bahwa kadang-kadang Rasul Paulus memperluas istilahnya dari 'perbuatan' dengan menambahkan frase hukum , seperti dalam Roma 3:20 dan 28 dan Galatia 2:16. Selanjutnya, kadang-kadang Paulus mengganti kalimat melalui hukum untuk menggambarkan realitas yang sama. Misalnya, di Roma 3:20, ia mengatakan, "Melalui hukum Taurat kita mengenal dosa." Dengan kata lain, ketika Paulus menggunakan kata Perbuatan/pekerjaan dia berbicara tentang hukum Perjanjian Lama.

Pembacaan yang cermat dari Galatia akan menunjukkan bahwa Paulus menggunakan hukum Taurat ditujukan secara khusus kepada hukum sunat. Dia begitu sering menyinggung tentang hal ini bahwa ia mengatakan dalam Galatia 5:2 ". ..Sekarang aku, Paulus, berkata kepadamu: bahwa jikalau kamu menyunat dirimu, Kristus sama sekali tidak berguna bagimu" Rasul Paulus dalam Galatia ingin membawa orang-orang Kristen bukan Yahudi kembali ke hukum Perjanjian Lama. karena itu adalah perbuatan dari hukum yang Paulus tentang, dan mereka tidak memiliki tempat dalam pembenaran kita. Paulus mengatakan pada intinya bahwa orang Kristen bukan Yahudi tidak perlu disunat dan hidup seperti orang Kristen Yahudi untuk memperoleh keselamatan.

Penentang: Saya setuju dengan penafsiran Anda dari Galatia, tapi saya pikir juga kita bisa menggeneralisasi kata-kata Paulus sehingga setiap perbuatan yang kita tempatkan di hadapan Allah sebagai alasan baginya untuk menerima keselamatan adalah jenis perbuatan yang tidak dapat dibenarkan.

KATOLIK: Saya mungkin setuju kalau itu dalam konteks yang anda sampaikan. Tetapi Paulus berbicara tentang orang-orang Kristen agar memenuhi hukum dengan mengikuti perintah untuk "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri" (Gal. 5:14). Dia kemudian menjelaskan bahwa kita harus menunjukkan "buah Roh" (Gal 5: 16-26) (. Gal 6: 1 dst) dan menanggung beban satu sama lain. Sebagai cara memenuhi "hukum Kristus" (Gal 6: 2). Pengajaran Paulus datang bertumpu di sini: perbuatan kita sendiri tidak pernah dapat membenarkan kita, tapi karya-karya yang tumbuh dari iman di dalam Kristus adalah bagian dari pembenaran kita. Itu sebabnya Paulus mengatakan dalam Filipi 2:12 Anda harus "kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar." Dan bahwa bersinambungan dengan ajaran Yakobus bahwa perbuatan yang tumbuh dari iman membenarkan kita.

Penentang: Oke, saya setuju bahwa Yakobus mengajarkan bahwa kita harus menambahkan perbuatan iman kita. Tetapi perhatikan bahwa perbuatan ini hanya bukti iman yang benar sebagai lawan iman yang palsu. Baca Yakobus 2:14 Apa itu gunanya, saudara-saudaraku, jika seorang mengatakan bahwa ia mempunyai iman, padahal tidak mempunyai perbuatan? " Yakobus membahas masalah mereka yang mengaku beriman tapi yang tidak menunjukkan itu dengan perbuatan-perbuatan mereka. Dalam ayat 17 James mengatakan iman seperti ini, "jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati." Pesan Yakobus adalah: Jika Anda memiliki iman yang benar, maka perbuatan Anda akan mengikutinya. Tetapi itu tidak berarti bahwa Yakobus melihat perbuatan sebagai yang berkaitan dengan keselamatan kita.

KATOLIK: Baiklah, Yakobus mengajarkan bahwa perbuatan menunjukkan iman yang benar. Tapi kami umat Katolik bersikeras bahwa Yakobus 2: 14-26 menunjukkan bahwa perbuatan lebih dari bukti iman. Perbuatan benar-benar membenarkan iman. Yakobus berbicara tentang perbuatan yang tumbuh keluar dari iman. Jika perbuatan iman bukan bagian dari pembenaran kita, maka sulit untuk memahami mengapa Yakobus akan mengatakan, seperti yang dilakukannya, bahwa "Bukankah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya di atas mezbah?" (Yak. 2:21). Anda mungkin ingat bagaimana Paulus mengatakan bahwa Abraham tidak dibenarkan oleh perbuatan, tetapi dengan iman. Yang disampaikan Rasul Paulus berarti bahwa Abraham tidak dibenarkan dengan menjaga hukum Perjanjian Lama, sementara Yakobus menjelaskan bahwa Abraham dibenarkan dengan melakukan pekerjaan yang tumbuh dari imannya kepada Allah.

Penentang: Mungkin maksud Yakobus, bahwa tindakan Abraham menunjukkan imannya itu nyata.

KATOLIK: Anda bisa berpendapat bahwa Yakobus tidak mengatakan secara eksplisit, "Anda melihat bahwa iman bekerja sama dengan perbuatan-perbuatan, dan oleh perbuatan-perbuatan iti iman menjadi sempurna " (Yak 2:22.). Dan kemudian di ayat 24 James menyimpulkan lagi, "...Seorang manusia dibenarkan oleh perbuatannya dan bukan HANYA karena iman."

Penentang: Saya harus mengakui bahwa saya belum pernah mendengar seorang Katolik memberikan penjelasan yang Anda berikan, tapi saya masih tidak yakin bahwa Gereja Katolik adalah tepat dalam hal ini.

KATOLIK: Nah, ini adalah poin yang sulit mengenai teologi dan interpretasi. Saya mendorong Anda untuk berdoa dan berpikir tentang pemahaman Katolik. Singkatnya, Gereja mengajarkan bahwa keselamatan adalah proses menjadi kudus dan suci melalui waktu. Semua ini adalah kasih karunia Allah di dalam hati kita melalui iman. Perbuatan dilakukan karena iman yang sungguh di dalam Kristus, seperti yang kita percaya dan melakukan perbuatan itu di dalam Tuhan, ia akan menanamkan dalam diri kita lebih rahmat agar kita dapat menjadi suci dan jadi siap untuk menemuinya di akhir hidup kita (baca Mat. 25:31-46~Tambahan penerjemah).


Sumber: https://www.catholic.com/…/p…/arent-we-saved-by-faith-alone…

 Editor: Silvester Detianus Gea


EmoticonEmoticon