Parakletos (παράκλητος)

παράκλητος. Foto: Ilustrasi

"(Untuk Kaum Pemikir). Pagi tadi saya menonton sebuah film di INewsTV. Dalam film itu dikatakan bahwa terdapat dalam Injil Yohanes (bdk Bab 14-15), nubuat kedatangan seorang nabi. Benarkah demikian?? Tidak! Yang datang adalah Parakletos (Roh Kudus) dan bukan Paraklit (plesetan mereka) untuk mengatakan Parakletos adalah manusia. Jika Parakletos adalah seorang nabi benarkah memenuhi kriteria di bawah ini:

1. Ia (Parakletos) menyertai kamu (para murid) selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Benarkah nabi yang dimaksud tidak wafat?

2. Dunia tidak melihat melihat Dia (Parakletos)...tetapi kamu mengenal Dia. Benarkah nabi yang dimaksud tidak kelihatan secara fisik dan datang pada abad pertama, setelah Yesus naik ke surga?? Dan hanya para murid Yesus yang bisa melihat??

3. Ia (Parakletos) menyertai kamu...diam di dalam kamu. Benarkah nabi yang dimaksud Bisa diam dalam hati para murid Yesus??

4. Walau Yesus menemui Bapa di surga) Yesus tidak meninggalkan murid-muridnya sebagai yatim piatu. Benarkah nabi yang dimaksud ada di zaman Para rasul Yesus dan mendampingi mereka?

5. Penghibur (Parakletos) yang akan Ku (Yesus) utus dari Bapa, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa. Benarkah nabi yang dimaksud keluar dari Bapa, tidak punya ayah dan ibu??
Sudah sangat jelas bahwa Parakletos bukanlah seorang nabi, melainkan Roh Kudus yang turun setelah Yesus naik ke surga (bdk. Kis. 2:1-11).


Penulis: Silvester Detianus Gea


EmoticonEmoticon