KESAKSIAN JIMMY AKIN, DARI PEMBENCI KATOLIK JADI PEMBELA IMAN KATOLIK


Meskipun saya mempelajarinya dengan tujuan untuk dapat menariknya keluar dari Gereja Katolik, tapi studi itu justru yang membuat saya menyadari bahwa iman Katolik adalah iman yang benar dari Alkitab.

Saya bertemu dengan calon istri saya, Renee Humphrey, di sebuah pesta tak lama setelah saya menjadi seorang Kristen Protestan. Meski dia seorang Katolik tapi sudah memiliki banyak kepercayaan New Age, saya tetap menyukainya

Renee memiliki sisi melankolis, karena dipengaruhi oleh penderitaan kesehatan yang buruk.
Sejak SMA dia diganggu oleh masalah kesehatan. Masalah medis utamanya adalah kolitis ulserativa, suatu kondisi yang menyebabkan iritasi terus-menerus pada usus besarnya. Kondisi ini melemahkan otot-otot yang menopang tulang punggungnya, menyebabkan vertebra-nya menjepit sarafnya, mengirim pukulan tajam ke bawah kakinya. Bahkan saat dia tidak sakitpun dia selalu berjalan dengan lemas. Bila sarafnya akan kambuh, dia sering tidak bisa berjalan sama sekali. Salah satu hal pertama yang kami beli setelah kami menikah adalah alat peluncur aluminium, jenis yang digunakan oleh orang tua, yang dibutuhkan Renee pada usia 23 tahun.

Sebelum kita bisa menikah, ada beberapa masalah yang harus diselesaikan dengan Renee: Keyakinan New Age dan ajaran Katoliknya. Karena dia adalah seorang pembaca yang rajin, saya memberinya buku reinkarnasi Kristen, dan meyakinkannya bahwa doktrinnya salah. "Besar!" Saya pikir. "Satu masalah akan selesai."

Aku senang telah meyakinkannya untuk tidak menjadi seorang New Ager; Yang harus saya lakukan adalah meyakinkannya agar tidak menjadi seorang Katolik.

Ini adalah sesuatu yang saya tahu harus saya lakukan. Tidak mungkin saya bisa membiarkan saya menikahi dengan seorang Katolik Roma, saat saya berencana menjadi pendeta atau profesor seminari.

Bahkan seandainya saya bisa menemukan seseorang yang mau menahbiskan saya terlepas dari kenyataan bahwa saya memiliki seorang istri Katolik, tetap saya merasa hati nurani tidak menerima untuk penahbisan tersebut.

Saya menyadari bahwa para pelayan Perjanjian Baru diharuskan memiliki solidaritas religius dengan keluarga mereka. Misalnya, Titus 1: 6 mengatakan bahwa anak-anak harus dibesarkan dalam iman Kristen.

Karena keberhasilan yang telah saya dapatkan dengan meminjamkan buku Renee yang mengkritik reinkarnasi, saya memutuskan untuk mencoba strategi ini lagi dan meminjaminya sebuah buku yang mencoba membuat dia mengerti bahwa Vatikan itu sangat buruk. Setelah membacanya, dia berhenti mengidentifikasi dirinya sebagai seorang Katolik dan mulai berbicara tentang dirinya sebagai seorang Anglikan.

Meskipun saya tidak berhasil melepaskan keterasingan sepenuhnya dari agama Katolik, ini tidak masalah bagiku. Saya menginginkannya dalam denominasi yang sama dengan saya, tapi saya bisa memutuskan untuk menjadi seorang Anglikan, setidaknya untuk saat ini. Saya berasumsi bahwa tugasnya dalam Anglikanisme akan menjadi tahap lanjutan sebelum dia memasuki Evangelikalisme yang taat.

Ternyata saya salah. Sesudah Renee menjadi Anglikan, dia dan saya sudah menikah, dan tak lama setelah pernikahan kami, Renee kembali ke agama Katolik. Karena keadaan ini saya berpikir harus meninggalkan harapan saya untuk berkarir sebagai pelayan kebenaran, satu-satunya hal yang ingin saya lakukan dengan hidup saya, dan saya harus meninggalkan citra diri saya sebagai guru Firman Tuhan.

Hal ini membuat stres pada pernikahan kita yang dinyatakan bahagia. Hal-hal berubah menjadi buruk saat Renee menemukan sesuatu yang sudah saya duga tapi tidak pernah dikatakan: Pernikahan kita tidak berlaku di mata Gereja Katolik. Akibatnya, Renee tidak bisa menghadiri sakramen. Keadaan ini menyebabkan dia sangat menderita dan membuat ketegangan di antara kami semakin kuat. Dia tidak mau meninggalkan saya, dan saya tidak ingin menikah lagi di Gereja Katolik.

Situasinya diperumit oleh fakta saya menolak membawanya ke Misa. Ini berarti dia tidak bisa hadir dalam Misa.

Tapi keadaan mulai berubah. Sejak menjadi seorang Kristen saya telah membaca teologi secara intensif, namun saya mulai membuat penemuan di dalam Alkitab yang mengganggu saya. Misalnya, ajaran "katolik" mengejutkan dari ayat-ayat tertentu melompat ke arah saya. Saya terganggu oleh pernyataan Kristus tentang para rasul yang memiliki kuasa untuk mengikat dan melepaskan (Matius 16:18 dan 18:18) dan tentang mereka memiliki kuasa untuk mengampuni dosa (Yohanes 20: 21-23). Saya tidak tahu harus berbuat apa, jadi saya cukup menyingkirkannya, dengan berencana untuk menghadapinya nanti.

Ketika waktunya tiba untuk menghadapinya, saya harus menyimpulkan bahwa Yesus bermaksud persis seperti yang dia katakan: Para murid dan penerus-Nya benar-benar memiliki kuasa untuk mengampuni dan mempertahankan dosa. Saya harus mengakui kepada diri sendiri bahwa umat Katolik benar tentang sakramen pengakuan dosa, dan Presbyterianisme tidak selaras dengan Kitab Suci untuk hal ini.

Salah satu hal yang membantu saya sampai pada kesimpulan ini adalah sebuah makalah yang ditulis oleh Leon Holmes.

Leon biasa menghadiri gereja tempat saya beribadah, tapi beberapa saat sebelum saya mulai hadir disana dia dan keluarganya telah pindah. Akhirnya mereka menjadi Katolik dan menetap di Little Rock. Leon menulis sebuah makalah tentang Maria dan mengirimkannya ke teman-teman di Fayetteville; Saya adalah salah satu orang yang membacanya. Meskipun pada saat itu saya pikir saya bisa menolak sebagian besar dari apa yang dia katakan, ada satu bagian di koran yang membuat saya menggeliat.

Leon menulis, "Sebagian besar perbedaan Katolik yang dikritik oleh saudara Injili kita berakar dalam mengambil Kitab Suci dengan tafsiran nominal."

Klaim ini mengejutkan kepekaan saya. "Apa maksudnya? Umat Katolik membawa Alkitab pada nilai nominal pada poin di mana orang-orang Protestan mengkritik mereka?"

Tanyaku, terperangah memikirkan hal itu. "Bagaimana dia bisa mengatakannya? Semua orang tahu itu dia Injili bukan orang Katolik, tapi menganggap Alkitab sebagai nilai nominal!" Leon meneguhkan pernyataan mengejutkannya dengan mengutip ayat-ayat ini: "Yesus berkata kepada mereka, 'Aku berkata kepadamu, jika kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak memiliki hidup di dalam kamu'" (Yohanes 6 : 53); "Inilah tubuhku ..." (Lukas 22:19); "Aku berkata kepadamu sesungguhnya, jika seseorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, dia tidak dapat masuk ke dalam kerajaan Allah" (Yohanes 3: 5); "Tidakkah kamu tahu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematiannya? (Roma 6: 3); "baptisan ... sekarang menyelamatkanmu ..." (1 Pet 3:21);

"Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada."(Yohanes 20:23);

"Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.(Matius 16:18).

Saya pikir saya bisa mengatasi sebagian besar ayat ini, tapi saya tidak tahu bagaimana menolak interpretasi Katolik dari 1 Petrus 3:21 dan Yohanes 20:23. Yang paling mengejutkan adalah saran bahwa teologi Katolik bertumpu pada penafsiran Alkitab secara literal. Pikiran ini tinggal bersamaku dan terus menggangguku. Akhirnya, hal itu memainkan peran penting dalam pertobatan saya ke Gereja Katolik.

Doktrin sola scriptura juga mulai mengganggu saya saat saya bertanya-tanya bagaimana kita bisa tahu dengan pasti buku mana yang adalah Firman Tuhan yang bisa masuk dalam Alkitab. Beberapa kitab Perjanjian Baru, seperti Injil sinoptik, bagaimana kita dapat megetahui kisah sejarah Yesus yang dapat dipercaya, sedangkan ada sejumlah buku Perjanjian Baru (misalnya, Ibrani, Yakobus, 2 Petrus, 2 dan 3 Yohanes, Yudas, dan Wahyu) yang kepenulisan dan status kanonisnya diperdebatkan di Gereja perdana. Tapi akhirnya Gereja memutuskan untuk menerimanya dan memasukkan ke dalam kanon buku-buku yang diilhami,Tapi saya melihat bahwa saya, yang dua ribu tahun sejak tulisan itu ditulis tidak mungkin membuktikan bahwa karya-karya ini benar-benar Firman Tuhan.

Saya hanya bisa percaya apa yang diajarkan Gereja.Ini berarti bahwa untuk satu doktrin yang sangat mendasar - yaitu doktrin tentang apa itu Kitab Suci - saya harus mempercayai Gereja Katolik karena tidak ada jalan yang ditunjukkan dari dalam Kitab Suci sendiri kitab-kitab apa saja sebenarnya yang menjadi Kitab-kitab Injil.

Tapi saya menyadari bahwa dengan melihat ke Gereja Katolik sebagai saksi yang otentik dan andal terhadap kanon, berarti saya telah melanggar prinsip sola scriptura.

Teori "Hanya Alkitab" ternyata menyangkal diri sendiri, karena Alkitab tidak dapat memberi tahu kita buku mana yang termasuk dalam Firman Tuhan dan yang tidak!

Terlebih lagi, pelajaran saya dalam sejarah Gereja menunjukkan bahwa kanon Alkitab tidak akhirnya diselesaikan sampai sekitar tiga ratus tahun setelah rasul terakhir meninggal. Jika saya ingin mengklaim bahwa Gereja telah melakukan tugasnya dan memilihkan buku-buku yang tepat untuk Alkitab, ini berarti bahwa Gereja telah membuat keputusan sempurna tiga ratus tahun setelah zaman kerasulan, sebuah kesadaran yang membuatnya dapat dipercaya bahwa Gereja Katolik berarti bisa membuat keputusan yang tidak keliru, dan itu berarti Gereja dapat membuat keputusan seperti itu sampai hari ini.

Penemuan
Satu atau dua tahun setelah membaca makalah Leon tentang Maria, saya membaca sebuah buku dari seorang penulis Katolik yang memberikan sebuah kutipan panjang dari Matius 16 di bagiannya tentang Paus.

Dalam bagian ini, Kristus berkata, "Anda adalah Petrus dan di atas batu karang ini saya akan membangun Gereja-Ku."

Sampai saat ini saya selalu mengira batu di mana Gereja dibangun adalah wahyu bahwa Yesus adalah Kristus, dan saya dapat membantah posisi ini dengan baik. Saat mata saya mengamati bagian itu, saya melihat untuk pertama kalinya sebuah ciri struktural dalam teks yang mengharuskan Petrus menjadi batu karang.

Dalam Matius 16: 17-19 Yesus membuat tiga pernyataan kepada Petrus:
(a) "Berbahagialah kamu, hai Simon Bar-Yunus,"
(b) "Kamu adalah Petrus," dan
(c) "Aku akan memberi kamu kunci kerajaan surga. "

Pernyataan pertama jelas merupakan berkah, sesuatu yang membangun Petrus dan memperbesarnya. Kristus menyatakan dia diberkati karena dia menerima wahyu khusus dari Tuhan.

Pernyataan ketiga juga merupakan berkat: Kristus menyatakan bahwa dia akan memberi Petrus kunci kerajaan. Ini jelas sebuah ucapan selamat, sesuatu yang memperbesar dan membangun Petrus..

Dan jika pernyataan Kristus yang pertama dan yang ketiga kepada Petrus adalah berkat, pernyataan tengah, dalam konteks langsungnya, juga harus menjadi berkat.

Ini menjadi masalah, karena untuk mempertahankan pandangan bahwa Petrus bukanlah batu tempat dibangunnya Gereja, saya harus mengajukan banding atas perbedaan kecil dalam teks Yunani antara kata yang digunakan untuk Petrus (<petros>) dan kata yang digunakan untuk rock (<petra>).

Menurut interpretasi anti-Katolik standar, <petros> berarti "batu kecil" sementara <petra> berarti "sebuah batu besar," dan pernyataan "Anda adalah Petrus [<Petros]]," harus ditafsirkan sebagai sesuatu yang menekankan Petrus tidak penting.

Orang-orang evangelis menggambarkan kata Kristus memiliki arti, "Anda adalah batu kecil, Petrus, tapi saya akan membangun Gereja saya di atas batu karang yang besar ini yang merupakan wahyu dari identitas saya."

Satu masalah dengan penafsiran cara ini, masalah yang akan diakui banyak ilmuwan, adalah bahwa sementara <petros> dan <petra> memiliki arti ini dalam beberapa puisi Yunani kuno, perbedaannya telah hilang pada abad pertama, ketika Matius Injil ditulis Pada saat itu dua kata itu sudah berarti hal yang sama: yaitu sebuah batu.

Masalah lainnya adalah ketika dia berbicara kepada Petrus, Yesus tidak berbicara dalam bahasa Yunani, tapi bahasa Aram, bahasa sepupu bahasa Ibrani. Dalam bahasa Aram tidak ada perbedaan antara dua kata seperti dalam bahasa Yunani diterjemahkan menjadi <petros> dan <petra>. Yang ada hanyalah <kepha>;

Itulah sebabnya mengapa Paulus sering menyebut Petrus sebagai <Cephas> (lih 1 Korintus 15: 5, Galatia 2: 9).

Apa yang sebenarnya Kristus katakan adalah, "Kamu <kepha> dan tentang ini <kepha> saya akan membangun Gereja-Ku."

Tetapi jika kata-kata <petros> dan <petra> memiliki arti yang berbeda, pembacaan orang-orang anti Katolik terhadap dua "batu" yang berbeda tidak sesuai dengan konteksnya. Pernyataan kedua kepada Petrus akan menjadi sesuatu yang meminimalkan atau menguranginya, menunjukkan ketidakbenarannya, dengan hasil yang Yesus katakan, "Terpujilah Engkau, Simon bin Yunus! (Anda adalah kerikil kecil yang tidak penting.) Inilah kunci kerajaan surga! " Urutan pernyataan yang tidak sesuai semacam itu tidak hanya aneh, tapi tidak dapat dijelaskan. (Banyak komentator P mengenali ini dan melakukan yang terbaik untuk menolak pengertian yang jelas dari bagian ini, betapapun tidak masuk akal penjelasan mereka.)

Saya juga memperhatikan bahwa tiga pernyataan Tuhan kepada Petrus memiliki dua bagian, dan bagian kedua menjelaskan yang pertama. Alasan Petrus "diberkati" adalah karena "bukan manusia yang mengatakan hal ini kepadamu, melainkan Bapaku yang ada di surga" (ayat.17).

Arti perubahan nama, "Anda adalah Batu karang", dijelaskan oleh janji, "Di atas batu karang ini saya akan membangun gereja saya, dan alam maut tidak akan menguasainya" (ayat 18).

Tujuan dari kunci tersebut dijelaskan oleh Yesus, "Apa pun yang Anda ikat di bumi akan terikat di surga, dan apapun yang Anda lepas di bumi akan dilepaskan di surga" (ayat 9).

Pembacaan yang cermat dari ketiga pernyataan ini, perhatikan konteks dan keterkaitan langsung mereka, dengan jelas menunjukkan bahwa Petrus adalah batu karang yang dengannya Yesus berbicara.

Pertimbangan ini dan pertimbangan lainnya menunjukkan kepada saya bahwa tafsiran anti-Katolik standar dari teks ini tidak dapat bertahan dalam pengamatan Alkitab yang hati-hati. Mereka terpaksa memasukkan pernyataan tengah itu kepada Petrus dari konteksnya.

Saya membalikkan interpretasi saya dan menyimpulkan bahwa Petrus memang adalah batu karang di mana Yesus membangun Gereja-Nya. Inilah yang pembaca tidak bias melihat struktur tata bahasa dan sastra teks dan menyimpulkan.

Jika Petrus sebenarnya adalah batu yang sedang Yesus bicarakan, itu berarti dia adalah kepala rasul (teks Yunani mengungkapkan bahwa Petrus sendiri dipilih untuk pujian ini, dan dia sendiri diberi wewenang khusus yang dilambangkan dengan kunci kerajaan surga, meskipun murid-murid lain berbagi dalam arti yang lebih umum otoritas Petrus untuk mengikat dan melepas (lihat Mat 18:18).

Jika dia adalah kepala rasul, maka begitu Kristus naik ke surga, Petrus pasti adalah kepala duniawi dari Gereja, yang tunduk pada kepemimpinan surgawi Kristus.

Dan jika Petrus adalah kepala Gereja duniawi, dia sesuai dengan definisi paling dasar dari Paus.
Sebagai hasilnya, saya harus menyimpulkan bahwa umat Katolik benar dalam mengatakan bahwa Petrus adalah paus pertama. Apakah Kristus bermaksud untuk menjadi paus lain adalah sebuah pertanyaan yang masih harus saya selesaikan, tapi sudahkah saya cukup mengerti untuk mengetahui bahwa saya harus menyelidiki kembali teologi Katolik.

Jika umat Katolik bisa benar dalam masalah ini, mereka bisa saja benar dalam masalah lain juga. Saya merasa tidak nyaman untuk mengetahui bahwa mereka benar dalam sakramen baptisan dan pengakuan dosa.

Saya tahu bahwa saya banyak melakukan penyelidikan teologis, jadi pada tahun berikutnya saya mulai membaca ajaran Katolik secara intensif. Selama masa ini saya memperlunak sikap saya tentang Katolik. Saya mulai membawa istri saya ke Misa dan juga bersedia untuk menikah di Gereja.

Pada tanggal 1 Desember 1991, dia dan saya menikah dengan Fr. Mark Wood, pastor dari paroki yang dihadiri Renee dan saya. Layanan ini sangat sederhana (kami memiliki dua saksi, saudara perempuan dan keponakan perempuan saya), dan hanya butuh lima menit. Pernikahan terpendek yang pernah saya jalani adalah milik saya sendiri, tapi tetap sangat berarti bagi kami berdua.

Sejauh yang diketahui Renee, pandangan saya tentang Katolik telah melunak tapi saya tetap menentang Gereja Katolik dengan alasan teologis.

Saya memutuskan untuk tetap bersembunyi darinya tentang kenyataan bahwa saya benar-benar berpikir untuk berkonversi ke iman Katolik.

Setelah semua yang kita alami, saya tidak dapat dengan kejam mewujudkan harapannya dan kemudian mengecewakannya jika saya menemukan beberapa kesalahan fatal dalam ajaran Katolik.

Pada bulan Januari 1992 saya membiarkan Renee masuk dalam rahasia yang telah saya simpan dan mengatakan kepadanya bahwa saya mungkin akan bergabung dengan Gereja Katolik. Hal ini membuatnya bahagia, meski ironisnya, aku tampak lebih bersemangat daripada dia.

Saat Prapaskah mendekat, saya mulai membuat rencana untuk memasuki Gereja pada Malam Paskah. Ini tidak berhasil, tapi dalam proses bersiap-siap, saya memberi tahu teman-teman Protestan saya tentang arah yang sedang saya jalani. Mereka mengambil berita itu dengan cukup baik; Bagaimanapun, beberapa dasar telah diletakkan saat keluarga Leon dan sejumlah orang lain dari gereja saya menjadi orang Katolik.

Satu hal yang saya khawatirkan adalah karena istri saya adalah orang Katolik mungkin mengira saya berkonversi untuk menyenangkan hatinya. Ini jelas bukan masalahnya. Pada tingkat manusia, jika interaksi saya dengannya melawan Katolik akan melakukan sesuatu, hal itu akan membuat saya membenci Gereja. Ahli apologi Katolik Scott Hahn pernah mengatakan kepada saya bahwa dia terkejut bahwa saya sama sekali tidak menyerah dalam teologi setelah saya menderita kekecewaan dalam melepaskan karir saya karena Renee seorang Katolik. Untung teman-teman Protestan saya mengenal saya dengan cukup baik untuk mengetahui bahwa ini bukan pertobatan demi pernikahan saya.

Lalu sesuatu terjadi yang akan mengubah hidup saya selamanya. Pada akhir Juni 1992, tak lama setelah ulang tahunnya yang kedua puluh tujuh, Renee jatuh sakit. Awalnya kami mengira itu adalah flare-up dari kolitis ulserativa, karena gejalanya sama: kehilangan nafsu makan, sakit usus periodik, dan kelemahan umum. Apapun itu, itu juga memicu refleks di tubuhnya yang menyebabkan sakit punggung dan sakit kepala yang parah.

Aku sulit mengetahui berapa lama Renee harus hidup.
Saya menyadari bahwa segala sesuatunya bergerak terlalu cepat, jadi saya menelepon paroki Renee dan meninggalkan pesan untuk pastor, yang kemudian datang ke kamar rumah sakit kami malam itu. Dia dan saya berbicara tentang kondisi Renee dan tentang kedatangan saya ke Gereja Katolik

Seminggu sebelumnya saya telah mengatakan kepadanya bahwa saya hampir siap untuk bergabung. Saya telah sedikit banyak siap secara intelektual untuk beberapa waktu, tapi ketika kami menemukan bahwa Renee menderita kanker usus besar, saya mulai merasa bahwa Tuhan telah mengatakan bahwa saya telah menunda cukup lama dan inilah saatnya untuk membuat sebuah komitmen.

Fakta bahwa istri saya sekarat tidak menentukan bahwa saya akan bergabung dengan Gereja Katolik, tapi ini membantu menjawab pertanyaan kapan saya akan bergabung: segera.

Saya sangat ingin memberinya hadiah dengan kita berdua bersatu dalam satu Gereja dan satu iman sebelum dia meninggal. Saat itu adalah malam Jumat ketika saya merencanakan untuk memasuki Gereja pada hari Minggu berikutnya. Tapi pada hari Sabtu pagi, kondisi Renee menjadi sangat kritis, dan saya diberitahu bahwa dia bisa berhenti bernapas setiap saat. Seorang dokter sudah dipanggil, dan dia diharapkan menempatkan Renee di unit perawatan intensif.

Saya menelepon Fr. Wood dan mengatakan kepadanya bahwa kami harus memindahkan jadwal kami. Saya perlu masuk ke Gereja sekarang. Tidak bisa menunggu sampai hari berikutnya. Dia bilang dia akan berada di sana.

Tapi sebelum dia tiba, dokter tersebut datang dan memberi tahu saya bahwa dia telah memeriksa rontgen dada Renee, dan bahwa pneumonia yang dikhawatirkan oleh perawat bukanlah masalahnya. Masalah pernapasannya disebabkan oleh banyak tumor kecil di paru-parunya.

Sementara prognosis jangka panjangnya tidak lebih baik, dia tidak seperti bahaya langsung yang kami duga. Dokter memperkirakan mungkin masih tinggal beberapa minggu lagi.

Berita ini sangat menggembirakan. Saya khawatir dia akan segera meninggal dalam beberapa hari ke depan. Paling tidak begini, dia dan saya memiliki sedikit waktu untuk mempersiapkan diri bagi perpisahan yang kami tahu akan datang.

Tak lama setelah itu, Renee menerima suntikan morfin pertamanya. Kemudian pastor tiba. Secara pribadi, dia memberi saya sakramen pengakuan. Kemudian, di ruang rumah Renee, dalam keadaan darurat, melakukan ritus yang dipersingkat, dia membawa saya ke Gereja. Dia memberi saya pembaptisan bersyarat dan kemudian mengkonfirmasi saya. Setelah memberi Renee urapan orang sakit, dia memberi kami Ekaristi, yang dia bawa dari tabernakel di paroki kami.

Istri saya dan saya menerima komuni bersama untuk pertama kalinya dan terakhir, membagikan potongan dari roti yang sama. Meskipun Renee bisa menerima komuni keesokan harinya, saya tidak hadir untuk itu. Inilah satu-satunya saat kita berdua akan berbagi Tuhan Yesus dengan cara ini.

Karena suntikan morfin yang telah diterimanya Renee sebelum pastor tiba, dia sangat mengantuk saat saya masuk ke Gereja. Tapi dia tahu apa yang sedang terjadi dan mencoba untuk berpartisipasi sebaik mungkin, seperti saat dia bisa makan sepotong roti saat kami menerima komuni. Ketika penerimaan saya ke dalam Gereja Katolik selesai, saya memeluknya dan mengatakan bahwa saya berada di dalam Gereja. Ada senyum indah dan damai di wajahnya-senyum yang bertahan lama.

Keesokan paginya saya berbicara dengan Scott Hahn di telepon sekitar pukul 10.30 pagi. Kami berdua telah menjadi teman bertelepon selama proses konversi saya. Dia akan berdoa di depan Ekaristi Kudus jam 11:00, jadi saya memintanya untuk berdoa agar Renee menanggapi secara rohani hal-hal yang saya katakan kepadanya, bahwa dia akan mati dengan cepat, dan bahwa dokter tidak dapat melakukan resusitasi nya.

Scott pergi untuk berdoa di depan Ekaristi jam 11:00, dan Renee meninggal sekitar pukul 11:10. Seperti yang kemudian saya sadari, Scott ada di depan Yesus yang berdoa untuk hal-hal yang persis sama persis seperti yang mereka alami-sebuah kebetulan ilahi yang sangat menghibur saya. Pada akhirnya Renee menatap lurus ke mataku. Kukatakan padanya bahwa semuanya akan baik-baik saja, untuk mempercayai Tuhan, dan bahwa aku mencintainya. Lalu aku menciumnya di bibir. Dengan itu, Renee dan aku berpisah.

Saya percaya bahwa Tuhan membawa kita bersama untuk saling memberi karunia. Saya memberinya karunia kebebasan dari gerakan New Age, dan pada akhirnya saya membantu memberinya pemberian hidup yang kekal. Renee membantu memberi saya karunia Katolik karena sebagai akibat perkawinan saya dengannya, saya belajar teologi Katolik lebih keras daripada yang seharusnya saya miliki.

Meskipun saya mempelajarinya dengan tujuan untukj dapat menariknya keluar dari Gereja, tapi studi itu justru yang membuat saya menyadari bahwa iman Katolik adalah iman yang benar dari Alkitab.

Sumber:
http://www.ewtn.com/library/ANSWERS/AKINSTOR.htm


EmoticonEmoticon