Trinitas Monoteis, Bukan Politeis


Apakah Ajaran Katolik tentang Trinitas itu sama dengan ajaran Hindu tentang Trimurti? Jika berbeda, di mana letak perbedaannya? Apakah iman Katolik itu polities?

Vincentius Parimin, Pare [Penanya]

Pertama, masih ada perdebatan tentang apakah agama Hindu itu monoteis atau polities. Di satu pihak, ada pandangan bahwa agama Hindu adalah monoteis, artinya ajaran Hindu percaya bahwa hanya ada satu Allah, yaitu Sang Hyang Widhi. Dia adalah Allah pencipta yang satu (Aum) dan menjalankan tiga fungsinya secara berbeda. Ketika mencipta, Dia dinamakan Brahma. Ketika menjaga ciptaan Dia disebut Wisnu. Sedangkan ketika melebur dunia Dia dinamakan Siwa. Ketiga fungsi yang berbeda itu merupakan perwujudan dari Allah yang satu dan sama. Dalam Gereja Katolik, ajaran tentang satu Allah dengan tiga fungsi yang berbeda-beda (Trimurti) ini mirip dengan ajaran aliran modalisme tentang Trinitas.

Di lain pihak, ada yang berpendapat bahwa agama Hindu itu polities. Brahma, Wisnu, dan Siwa adalah tiga dewa tertinggi di antara dewa-dewi yang disembah. Masing-masing Dewa itu mempunyai satu pihak, fungsi yang berbeda, dan eksistensi masing-masing dewa itu mandiri. Ajaran Trimurti yang demikian disebut Triteisme, artinya mengakui adanya tiga Allah yang tertinggi, bukan Trinitas.

Kedua, ajaran tentang Trinitas adalah pewahyuan Allah tentang misteri diri-Nya kepada manusia melalui Yesus Kristus. Sebagai wahyu Allah, ajaran tentang Trinitas tidak didasarkan pada ajaran manapun, meskipun konsep-konsep yang digunakan mempunyai kemiripan. Bisa juga dikatakan bahwa kemiripan-kemiripan itu digunakan Allah untuk mempersiapkan manusia mengerti substansi misteri yang hnedak dinyatakan-Nya kepada manusia. Jika demikian, perlu diperhatikan hal-hal baru dari wahyu Allah yang membedakan wahyu itu dengan hasil pemikiran manusia belaka dalam konsep-konsep yang ada.

Ketiga, Wahyu Allah tentang Trinitas hendak mengajarkan bahwa Allah itu esa. Hanya ada satu Allah yang adalah sumber sesgala sesuatu di dunia ini. Jadi, agama Kristiani adalah agama monoteis, bukan agama polities. Juga menjadi jelas bahwa ajaran tentang Trinitas tidak sama dengan ajaran Triteisme. Monoteisme Kristiani menolak adanya sumber lain dari segala sesuatu selain Allah Sang Pencipta itu sendiri.

Di dalam satu Allah itu terdapatlah tiga pribadi yang berbeda. Perbedaan itu bukan hanya menyangkut fungsi atau karya ke luar diri-Nya, tetapi perbedaan antara ketiga pribadi itu juga ada dan bisa didektesi di dalam diri Allah sendiri sebelum melakukan karya keluar dari diri-Nya. Bapa adalah sumber dari segala sesuatu. Dari Bapa, dilahirkan (Lat:generatio) Putra yang sehakekat dengan Bapa. Dari Bapa dan Putra, terhembuslah (Lat:Spiratio) Roh Kudus yang mengikata Bapa dan Putra bersama dalam kasih.

Jadi, ajaran tentang Trinitas tidak sama dengan ajaran modalisme, yang mengatakan bahwa satu Allah yang sama menjalankan tiga fungsi yang berbeda dan karena itu mempunyai tiga nama. Ajaran tentang Trinitas menyatakan bahwa dalam karya keluar dari diri-Nya sendiri, ketiga pribadi itu selalu berkarya bersama-sama, tetapi dengan penekanan peran dari Pribadi tertentu sebagai kekhasan masing-masing. Inilah wahyu yang harus diterima dengan iman.

Keempat, ajaran tentang Trinitas tidak mudah dipahami oleh umat kita sendiri, apalagi oleh mereka yang bukan Katolik. Seringkali mereka yang non Kristiani mengerti ajaran Trinitas itu secara salah, yaitu seperti Triteisme. Misalnya, Al Quran memandang Trinitas adalah Bapa, Isa dan Maryam. Pengertian seperti ini bukanlah konsep Trinitas tetapi Triteisme. Karena itu, Al Quran menolak konsep Allah yang demikian. Jadi sebenarnya baik Al Quran maupun Gereja Katolik sama-sama menolak Triteisme, dan sama-sama menganut monoteisme.

Di sunting oleh Silvester Detianus Gea

Konsultasi Iman “Majalah Hidup-Mingguan Katolik, 44 tahun ke 71- 29 Oktober 2017” hlm. 18, oleh Petrus Maria Handoko CM, Imam Kongregasi Misi, Doktor Teologi Dogmatik Universitas Gregoriana Roma.


EmoticonEmoticon